Kamis, 20 Oktober 2011

HADITS TARBAWI


BASRI CHILI

Pertemuan II (08 Maret 2011)
            BAB II: pokok-pokok kandungan al-quran
                         (tafsir kandungan surat al- fatihah)

1.      Keimanan merupakan salah satu pokok ajaran yang terkandung dalam surat al-fatihah. Mengapa keimanan harus menjadi dasar dalam pendidikan?
Jawab: karena keimanan dapat membentuk akidah yang kemudian diterapkan di bidang pendidikan. Dengan dasar keimanan, maka seluruh komponon pendidikan, mulai dari tujuan, kurikulum, metode, motivasi, evaluasi dan sebagainya akan berlandaskan pada dasar itu. Dengan begitu, tujuan pendidikan untuk membentuk manusia yang beriman akan tercapai.

2.      Dalam surat keenam surat al-fatihah, terkandung makna petunjuk yang membawa kepada tercapainya sesuatu yang diharapkan. Dua di antara petunjuk itu adalah hidayah al-ilham dan hidayah al-hawas. Jelaskan mengapa hidayah al-ilham dan al-hawas lebih sempurna pada hewan dibandingkan kepada manusia?
Jawab: hidayah al-ilham dan hidayah al-hawas diberikan kepada manusia dan hewan. Tetapi, kedua hidayah itu lebih sempurna pada binatang dibandingkan dengan manusia karena pertumbuhan hewan sangat cepat dibandingkan dengan manusia. Hewan ketika lahir sudah dapat bergerak, berjalan, mencari makanan sendiri dan sebagainya. Sedangkan manusia, pertumbuhannya bertahap-tahap, pergerakannya manusia snagat terbatas ketika ia masih kecil dan hanya bisa mencari makanan pada usia tertentu.

Pertemuan III (22 Maret 2011)
            BAB III: asal-usul kejadian manusia
                          (tafsir surat al-‘alaq dan al-mu’minun ayat 12-17)
1.      Mengapa al-quran melihat pendidikan dapat merubah hidup dan mengangkat martabat manusia?
Jawab: karena dalam pendidikan, manusia terlepas dari perbudakan dan penindasan. Dalam sejarah manusia pada zaman jahiliyah, perbudakan manusia, penyelewengan akidah, pelanggaran moral, dan kehancuran dalam bidang ilmu pengetahuan sangat bermaharajalela. Ini karena mereka mengabaikan pentingnya ilmu pengetahuan. Begitu juga pada zaman penjajahan belanda di Indonesia, pendiidkan menjadi milik segelintir kaum elite telah menyebabkan rakyat jelata bodoh dan terbelakang. Atas dasar inilah al-quran melihat pendiidkan sebagai sarana yang ampuh untuk mengangkat harkat dan martabat manusia seperti yang ditegaskan Allah swt dalam surat al-mujadalah,54:11 “Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman dan berilmu pengetahuan di antara kamu sekalian.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar